Butuh Bantuan? Customer Service Nasi Kotak Catering siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Yuukk Cicipi, Makanan Tradisional Jawa Yang Enak Ini

Yuukk Cicipi, Makanan Tradisional Jawa Yang Enak Ini

Ditulis pada: 19 July 2019 | Kategori:

 

Setiap daerah di Indonesia tentunya memiliki makanan yang unik dan berbeda. Untuk mendapatkan makanan khas nusantara ini akan terasa lebih nikmat jika disantap langsung di daerah asalnya. Namun sayangnya saat ini ada beberapa makanan khas daerah yang sudah sulit dijumpai lho.

Hal ini mungkin karena bahan untuk membuatnya sulit untuk dijumpai atau bisa juga karena selera masyarakat yang sudah mulai berbeda. Yuu, simak makanan tradisional khas Jawa yang sudah mulai langka saat ini.

 

  1. Mie Lethek

Merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta, mengapa dinamakan mie lethek? Hal ini karena makanan ini memiliki warna yang kusam, dan dalam bahasa Jawa disebut lethek. Tidak seperti makanan khas Jawa lainnya yang mudah ditemukan, makanan yang satu ini sudah cukup sulit untuk ditemukan.

Mie lethek berbahan dasar tepung tapioka dan gaplek, yang diolah secara tradisional tanpa pewarna makanan dan bahan kimia lainya. Mie lethek biasa dimasak diatas tungku anglo berbahan bakar arang batok kelapa kemudian dicampur dengan beraneka bumbu dapur. Seperti olahan mie lainnya, mie lethek juga diolah menjadi mie goreng, mie rebus hingga dijadikan campuran nasi. Jika sudah diolah, mie lethek ini sangat menggugah selera makan lho.

  1. Clorot

Merupakan salah satu jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras dan gula merah yang dikukus, memiliki tekstur kenyal dan citarasa yang manis. Selain rasanya yang khas, kemasan yang digunakan untuk membungkusnya pun sangat unik, yaitu terbuat dari daun kelapa yang dibungkus kerucut, melingkar, dan memanjang, yang tengahnya terdapat adonan.

  1. Pecel Sego Abang

Yang membedakan pecel ini dengan yang lainnya ialah pecel sego abang terdapat tambahan nasi merah. Sama-sama terdiri dari banyak jenis sayuran, namun bumbu kacang yang digunakannnya sedikit berbeda karena terbuat dari wijen hitam sehingga membuat warnanya menjadi terlihat lebih pekat.

  1. Kue Kipo

Memiliki bentuk yang lonjong dan tekstur yang kenyal, dengan warna sedikit kehijauan dengan isian gula jawa didalamnya. Bahan utama dari kue ini adalah tepung beras yang dicampur dengan tepung ketan. Adonannya dicampur dengan parutan kelapa, daun suji, dan menggunakan perwarna hijau alami seperti menggunakan daun pandan.

  1. Orem-orem

Merupakan salah satu makanan khas daerah Malang yang didalamnya terdapat irisan tempe, potongan ketupat, ayam dan sedikit sayuran seperti kecambah yang biasa dimasak dengan kuah santan yang kental. Keunikan dari makanan yang satu ini adalah cara memasaknya menggunakan arang, yang memberikan aroma pada bumbu menjadi semakin nikmat. Dulu makanan ini biasanya disajikan dibeberapa acara hajatan, namun saat ini hanya ada beberapa tempat terkenal yang menjual orem-orem.

  1. Grontol Jagung

Pengolahannya ialah dengan cara merebus jagung manis terlebih dahulu, lalu ditaburi parutan kelapa dan gula pasir. Saat ini sudah banyak olahan yang mirip seperti grontol jagung yang dijual dipasaran. Biasanya ada tambahan seperti keju, susu, atau coklat. Padahal rasa asli dari grontol jagung sendiri tidak kalah nikmat lho.

Bagaimana? Dari ke enam makanan diatas apakah salah satunya sudah ada yang pernah kamu coba? Atau semuanya sudah kamu coba? Atau malah belum pernah mencoba salah satu pun? Bagi yang belum pernah coba, buruan coba makanan ini ya, sebelum semakin sulit ditemukan.

Yuukk Cicipi, Makanan Tradisional Jawa Yang Enak Ini | Catering Nasi Kotak Murah di Bogor

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Yuukk Cicipi, Makanan Tradisional Jawa Yang Enak Ini

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Informasi Terbaru

Makanan Ini Ternyata Bisa Beracun Kalau Dipanaskan. Calon Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu

Ditulis pada: 26 October 2019

  Sepertinya sudah menjadi salah satu kebiasaan yang umum jika ibu rumah tangga menghangatkan makanan sisa supaya bisa dikonsumsi kembali. Selain karena efektif dan efisien, beberapa orang menghangatkan makanan untuk menggugah selera makanan karena tidak suka makanan yang dingin. Tapi... Baca selengkapnya »

Makanan Ini Masih Aman Dikonsumsi Walaupun Sudah Kedaluarsa. Kira-kira Apa Alasannya ya?

Ditulis pada: 26 October 2019

  Lebih jeli saat membeli makanan dan selalu memperhatikan masa kedaluarsa makanan memang terbilang wajar, bahkan hal itu wajib untuk dilakukan. Namun kalau kadar kejeliannya kelewatan sih jangan ya, misalnya roti yang sudah 3 hari dibeli ternyata beberapa bagiannya sudah... Baca selengkapnya »

Makanan Ini Jadi Bukti Kalau Kuliner Kaki Lima Memang Nikmat Makanan Yang Sebenarnya

Ditulis pada: 26 October 2019

  Orang-orang sering mengatakan bahwa makanan di restoran bintang lima merupakan makanan yang bergengsi. Terbuat dari bahan makanan pilihan dan diolah oleh tangan chef yang sudah memiliki lisensi kelas dunia membuat apapun makanan yang disajikan dipandang enak oleh masyarakat. Padahal... Baca selengkapnya »

Sayangi Kulit Sejak Dini, Jangan Sampai Rusak Dan Kusam Cuma Gara-gara Menu Ini Ya

Ditulis pada: 24 October 2019

  Godaan makanan memang bisa memuaskan rasa lapar. Entah makanan berat atau makanan ringan, selalu saja sukses memberikan kenikmatan yang tidak tertandingi. Apalagi kalau makanan itu termasuk makanan kesukaan kamu, tentu tidak cukup sekali atau dua kali memakannya. Namun jika... Baca selengkapnya »

Katanya Makanan Cepat Saji Sumber Penyakit. Tapi Tidak Juga Kok, Ini Penjelasannya

Ditulis pada: 24 October 2019

  Jujur aja makanan cepat saji memang menarik untuk dikonsumsi, hal ini karena biayanya tidak terlalu mahal, bergengsi dan biasanya tempatnya nyaman. Namun makanan cepat saji sering dianggap buruk karena kandungan lemak, kalori dan sodiumnya tinggi. Sering juga diisukan menjadi... Baca selengkapnya »