Butuh Bantuan? Customer Service Nasi Kotak Catering siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Sama-sama Pengganti Nasi, Inidia Perbedaan Roti Tawar Dan Roti Gandum

Sama-sama Pengganti Nasi, Inidia Perbedaan Roti Tawar Dan Roti Gandum

Ditulis pada: 25 September 2019 | Kategori:

 

 

Meskipun nasi menjadi makanan pokok orang Indonesia, namun sudah banyak masyarakat yang mulai mengurangi makan nasi dan menggantinya dengan sumber karbohidrat lainnya seperti roti. Jenis roti yang tersedia dipasaran pun beragam, roti tawar dan roti gandum lah yang sering mendominasi dan dipilih sebagai asupan karbohidrat sehari-hari.

Antara roti tawar dan roti gandum mungkin sekilas terlihat sama saja, namun sebenarnya roti-roti ini memiliki perbedaan dalam cara pengolahan dan bahan yang digunakan. Oleh karena itu, kandungan dan manfaatnya pun berbeda. Katanya sih roti gandum lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi, khususnya bagi kamu yang sedang diet. Yuu, simak sama-sama perbedaan antara roti gandum dan roti tawar berikut ini :

 

  1. Roti tawar terbuat dari tepung terigu olahan, sedangkan roti gandum terbuat dari tepung gandum berserat tinggi

Roti tawar merupakan jenis roti yang umum ditemui dan dikenal, roti yang terbuat dari tepung terigu yang bagian kulit luar dan serat dari serealianya sudah dibuang, sebagai bagian dari proses penggilingan tepungnya. Hal inilah yang jadi penyebab roti tawar cenderung putih terang.

Sedangkan roti gandum merupakan jenis roti yang dibuat menggunakan tepung berserat tinggi, roti jenis ini memang berwarna kecoklatan yang didapat secara alami dari bagian bererat serealia yang tidak dibiang dan digunakan dalam tepungnya.

  1. Proses pembuatannya berbeda, termasuk bahan tambahan yang digunakannya

Warna putih dari roti tawar biasanya didapatkan dari proses penggilingan yang cukup lama, hasilnya pun akan lebih bertahan lama karena minyak alaminya pun dipisahkan. Selain itu, tambahan bahan-bahan kimia seperti seperti benzyl peroxide, potassium bromide, dan diperkaya vitamin serta mineral melalui proses artifisial. Beberapa diantaranya terkadang diberi pewarna kimia supaya warnanya menjadi lebih cerah.

Nah, proses ini jelas berbeda dari pembuatan roti gandum yang sebagian besar melalui proses alami tanpa ditambah bahan-bahan kimia lainnya.

  1. Roti tawar lebih banyak mengandung kalori dibanding roti gandum

Satu tangkup dari roti tawar mengandung sebanyak 175 kalori, nilai ini hanya berlaku jika kamu mengkonsumsi rotinya saja tidak dengan tambahannya seperti margarin, mentega, selai, atau taburan yang lainnya. Ada pula roti tawar yang memiliki varian rasa seperti coklat, pandan, strawberry yang tentu membuat jumlah kalorinya menjadi lebih banyak karena mengandung perasa dan gula tambahan.

Sedangkan satu tangkup roti gandum hanya memiliki 138 kalori yang artinya bisa disimpulkan kalau roti gamdum memiliki kalori lebih kecil, sehingga lebih cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan.

  1. Kadar indeks glikemiknya berbeda

Diantara semua jenis roti, roti yang memiliki tambahan rasa didalamnya memiliki nilai IG tinggi akibat dari tambahan gula. Sementara nilai IG roti gandum lebih rendah dibanding roti tawar.

  1. Kandungan gizinya pun berbeda

Kandungan zat gizi seperti mineral dan vitamin yang ada didalam roti tawar lebih sedikit dibanding roti gandum. Hal ini disebabkan karena jenis roti tawar sudah melalui proses pengolahan yang lebih lama dan berulang kali. Sementara, pada roti gandum masih terkandung lebih banyak serat, vitamin B, protein dan jenis lemak daripada roti tawar biasa.

Sama-sama Pengganti Nasi, Inidia Perbedaan Roti Tawar Dan Roti Gandum | Catering Nasi Kotak Murah di Bogor

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Sama-sama Pengganti Nasi, Inidia Perbedaan Roti Tawar Dan Roti Gandum

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Informasi Terbaru

Makanan Ini Ternyata Bisa Beracun Kalau Dipanaskan. Calon Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu

Ditulis pada: 26 October 2019

  Sepertinya sudah menjadi salah satu kebiasaan yang umum jika ibu rumah tangga menghangatkan makanan sisa supaya bisa dikonsumsi kembali. Selain karena efektif dan efisien, beberapa orang menghangatkan makanan untuk menggugah selera makanan karena tidak suka makanan yang dingin. Tapi... Baca selengkapnya »

Makanan Ini Masih Aman Dikonsumsi Walaupun Sudah Kedaluarsa. Kira-kira Apa Alasannya ya?

Ditulis pada: 26 October 2019

  Lebih jeli saat membeli makanan dan selalu memperhatikan masa kedaluarsa makanan memang terbilang wajar, bahkan hal itu wajib untuk dilakukan. Namun kalau kadar kejeliannya kelewatan sih jangan ya, misalnya roti yang sudah 3 hari dibeli ternyata beberapa bagiannya sudah... Baca selengkapnya »

Makanan Ini Jadi Bukti Kalau Kuliner Kaki Lima Memang Nikmat Makanan Yang Sebenarnya

Ditulis pada: 26 October 2019

  Orang-orang sering mengatakan bahwa makanan di restoran bintang lima merupakan makanan yang bergengsi. Terbuat dari bahan makanan pilihan dan diolah oleh tangan chef yang sudah memiliki lisensi kelas dunia membuat apapun makanan yang disajikan dipandang enak oleh masyarakat. Padahal... Baca selengkapnya »

Sayangi Kulit Sejak Dini, Jangan Sampai Rusak Dan Kusam Cuma Gara-gara Menu Ini Ya

Ditulis pada: 24 October 2019

  Godaan makanan memang bisa memuaskan rasa lapar. Entah makanan berat atau makanan ringan, selalu saja sukses memberikan kenikmatan yang tidak tertandingi. Apalagi kalau makanan itu termasuk makanan kesukaan kamu, tentu tidak cukup sekali atau dua kali memakannya. Namun jika... Baca selengkapnya »

Katanya Makanan Cepat Saji Sumber Penyakit. Tapi Tidak Juga Kok, Ini Penjelasannya

Ditulis pada: 24 October 2019

  Jujur aja makanan cepat saji memang menarik untuk dikonsumsi, hal ini karena biayanya tidak terlalu mahal, bergengsi dan biasanya tempatnya nyaman. Namun makanan cepat saji sering dianggap buruk karena kandungan lemak, kalori dan sodiumnya tinggi. Sering juga diisukan menjadi... Baca selengkapnya »