Butuh Bantuan? Customer Service Nasi Kotak Catering siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Deretan Makanan yang Rentan Menyebabkan Keracunan

Deretan Makanan yang Rentan Menyebabkan Keracunan

Ditulis pada: 22 August 2019 | Kategori:

 

Makanan memang bisa menyehatkan tapi bisa juga menjadi perantara penyebaran penyakit. Bukan hanya sakit perut, mual, dan muntah saja tetapi keracunan makanan bisa berujung pada kematian. Itulah mengapa kamu perlu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi setiap harinya.

 

Berikut ini beberapa makanan yang rentan mengalami keracunan yang perlu kamu waspadai!

Keracunan makanan terjadi karena makanan yang dikonsumsi sudah terkontaminasi oleh bakteri, virus, parasit, atau zat kimia berbahaya lainnya. Untuk mengetahuinya, kamu harus tahu apa saja makanan yang bisa dengan mudah terkontaminasi. Berikut ini daftarnya :

  1. Susu dan produk susu mentah

Susu merupakan minuman yang menyehatkan, kandungan nutrisinya dapat mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang. Sayangnya susu yang masih mentah mengandung beberapa bakteri seperti Listeria campylobacter, E. coli, dan Salmonella. Bakteri dari susu mentah ini bisa menyebabkan proses kadaluwarsa menjadi lebih cepat, apalagi jika dibiarkan diudara yang terbuka.

Meski masuk dalam daftar makanan dan minuman penyebab keracunan, kamu tidak perlu khawatir karena kamu tetap dapat menikmati susu dan olahannya, asal kamu memilih dengan tepat dan menyimpannya dengan benar.

Pilihlah susu yang sudah dipasteurisasi (melewati proses pemanasan untuk membunuh bakteri). Tutup rapat setelah kemasan susu dibuka dan simpan di dalam kulkas. Pastikan kalau produk susu yang kamu pilih juga sudah melalui proses pengolahan dengan baik.

  1. Telur

Telur memang menjadi sumber protein yang ekonomis ketimbang ayam atau sapi. Sayangnya telur bisa terpapar bakteri salmonella sehingga masuk kedalam daftar makanan yang rentan menyebabkan keracunan. Oleh sebab itu, belilah telur ditempat yang terpercaya dan dalam kondisi yang baik. Pastikan terlebih dahulu sebelum membeli kalau kulit telur tidak rusak, bernoda, dan bersih.

  1. Daging mentah

Makan daging sapi, ayam, atau unggas lainnya dalam keadaan yang masih mentah bisa menyebabkan keracunan. Meskipun tinggi kandungan proteinnya, daging itu juga bisa mengandung bakteri salmonella, E. coli, dan yersinia yang menjadi penyebab keracunan pada makanan.

Salah satu kunci untuk mencegah keracunan adalah pastikan kalau kamu memasak daging sampai benar-benar matang, simpan ditempat yang bersih dengan udara dingin seperti kulkas untuk mencegah adanya pertumbuhan bakteri.

Saat akan membelinya pastikan kalau daging masih segar, tidak berair, warnanya merah, tidak bau busuk, dan masih terlihat kenyal.

  1. Tepung mentah

Selain daging, tepung yang masih mentah pun bisa menyebabkan keracunan. Tepung bisa terpapar bakteri salmonella di ladang pertanian, bahkan sebelum biji dipanen. Meskipun jarang, tepung mentah yang sudah terkontaminasi bisa menjadi makanan penyebab keracunan.

Untuk mencegah keracunan dari tepung mentah, hindari mencicipi makanan yang mengandung tepung yang belum matang dan pastikan kalau kamu menyimpan tepung ditempat yang bersih ya.

  1. Seafood mentah

Udang, kepiting, kerang, tiram, dan seafood mentah lainnya pun bisa terkontaminasi bakteri. Sayangnya, seafood yang terkontaminasi tidak bisa terlihat dengan mata telanjang. Maka dari itu, kamu harus membeli seafood yang masih dalam keadaan segar untuk menghindari berkembangnya bakteri pembusukkan.

Selain itu, seafood sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu dan dikonsumsi dalam keadaan yang matang. Suhu panas bisa membunuh bakteri sehingga makan seafood menjadi lebih aman.

Itudia beberapa jenis makanan yang rentan menyebabkan keracunan yang sebaiknya diwaspadai sebelum kamu mengkonsumsinya ya.

Deretan Makanan yang Rentan Menyebabkan Keracunan | Catering Nasi Kotak Murah di Bogor

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Deretan Makanan yang Rentan Menyebabkan Keracunan

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Informasi Terbaru

Makanan Ini Ternyata Bisa Beracun Kalau Dipanaskan. Calon Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu

Ditulis pada: 26 October 2019

  Sepertinya sudah menjadi salah satu kebiasaan yang umum jika ibu rumah tangga menghangatkan makanan sisa supaya bisa dikonsumsi kembali. Selain karena efektif dan efisien, beberapa orang menghangatkan makanan untuk menggugah selera makanan karena tidak suka makanan yang dingin. Tapi... Baca selengkapnya »

Makanan Ini Masih Aman Dikonsumsi Walaupun Sudah Kedaluarsa. Kira-kira Apa Alasannya ya?

Ditulis pada: 26 October 2019

  Lebih jeli saat membeli makanan dan selalu memperhatikan masa kedaluarsa makanan memang terbilang wajar, bahkan hal itu wajib untuk dilakukan. Namun kalau kadar kejeliannya kelewatan sih jangan ya, misalnya roti yang sudah 3 hari dibeli ternyata beberapa bagiannya sudah... Baca selengkapnya »

Makanan Ini Jadi Bukti Kalau Kuliner Kaki Lima Memang Nikmat Makanan Yang Sebenarnya

Ditulis pada: 26 October 2019

  Orang-orang sering mengatakan bahwa makanan di restoran bintang lima merupakan makanan yang bergengsi. Terbuat dari bahan makanan pilihan dan diolah oleh tangan chef yang sudah memiliki lisensi kelas dunia membuat apapun makanan yang disajikan dipandang enak oleh masyarakat. Padahal... Baca selengkapnya »

Sayangi Kulit Sejak Dini, Jangan Sampai Rusak Dan Kusam Cuma Gara-gara Menu Ini Ya

Ditulis pada: 24 October 2019

  Godaan makanan memang bisa memuaskan rasa lapar. Entah makanan berat atau makanan ringan, selalu saja sukses memberikan kenikmatan yang tidak tertandingi. Apalagi kalau makanan itu termasuk makanan kesukaan kamu, tentu tidak cukup sekali atau dua kali memakannya. Namun jika... Baca selengkapnya »

Katanya Makanan Cepat Saji Sumber Penyakit. Tapi Tidak Juga Kok, Ini Penjelasannya

Ditulis pada: 24 October 2019

  Jujur aja makanan cepat saji memang menarik untuk dikonsumsi, hal ini karena biayanya tidak terlalu mahal, bergengsi dan biasanya tempatnya nyaman. Namun makanan cepat saji sering dianggap buruk karena kandungan lemak, kalori dan sodiumnya tinggi. Sering juga diisukan menjadi... Baca selengkapnya »